Random Thoughts

Body Hack #1

Ketika kalian sedang tidak ingin mengingat sesuatu yg kalian dengar atau lihat, kalian bisa mengaturnya sendiri. Kuncinya ada di otak.

Ketika mendengar A, fokuskan otak untuk berpikir tentang B atau C atau D. Maka kata2 tentang A tadi tidak akan bejejak di otak kalian. Kalaupun berjejak paling hanya sepersekian persen. Contoh: kalian tidak suka politik, tetapi kalian sedang nonton debat pilkada bersama keluarga. Lalu kalian memikirkan pertengkaran dengan pacar kalian sepanjang nonton debat pilkada. Akankah kata-kata yg terlontar dari paslon-paslon itu membekas di otak kalian? Tidak. Ketika nanti teman-teman kalian bercerita kembali tentang isi debat itu, kalian tidak akan ingat apa yg mereka bahas. Karena walaupun kalian menonton acara debat itu, otak kalian tidak hadir di sana untuk fokus mendengarkan. Otak kalian memikirkan sesuatu yg menurut kalian lebih penting, sehingga walaupun di sana ada suara yg ditangkap oleh telinga dan ada gambar yg ditangkap oleh mata kalian, tapi tidak akan ada (atau hanya sangat sedikit) memori yg terekam oleh otak kalian. Kenapa? Karena kuncinya adalah otak.

Ga percaya? Coba ingat-ingat.

Pernah lagi dengerin curhatan temen atau pacar tapi setelah beberapa saat mendengarkan kalian minta orang tersebut mengulang kalimatnya karena kalian tidak menangkap apa yg mereka maksud?

Atau pernah dapat nasihat dari orang tua kemudian kalian iya-iya kan saat itu tapi dua hari kemudian kalian lupa waktu itu mereka ngomong apa?

Itu adalah contoh nyata paling simpel di kehidupan sehari-hari.
Terkadang, kita mendengar hanya dengan telinga, melihat hanya dengan mata, tanpa memprogram otak kita untuk fokus menangkap apa yg diterima oleh telinga dan mata itu dan menjadikannya memori untuk disimpan.

Kalian pasti pernah dapat pelajara di sekolab dulu bahwa otak kita sepertj CPU pada komputer. Tanpa CPU, komputer tidak akan berfungsi. Tanpa otak, kita tidak akan berfungsi. Bedanya komputer dengan kita adalah kita bisa mengendalikan otak kita, sedangkan komputer tidak bisa mengendalikan CPU-nya sendiri. See? Manusia selalu punya nilai lebih.

Waktu pelajaran di sekolah itu juga kita dikasih tau bahwa otak kita punya kapasitas satu juta gigabyte untuk menyimpan memori. Kalau di hardisk komputer, itu bisa untuk menyimpan semua film yg pernah ada di dunia ini + semua dokumen sekolah dari TK sampai kuliah + dokumen kerja + apapun yg kalian mau simpan di sana.

So, ketika kalian melihat, mendengar, atau merasakan sesuatu, itu semua bisa tersimpan di otak. TAPI, ternyata Tuhan kasih kita kelebihan untuk mengatur tubuh kita sendiri.

Kalian selalu punya pilihan dan selalu bisa memilih.
Pilihlah, mau mengingat cerita sahabat yg sedang berbicara di depan kalian atau mengingat pertengkaran kalian denfan pacar sambil mendengarkan curhatan sahabat yang kemudian berujung kekecewaan mereka ketika mereka mendapati kalian sudah lupa kisah yg mereka ceritakan beberapa jam yang lalu itu.
Pilihlah, mau mengingat nasehat orang tua yg sedang berbicara di depan kalian, atau mengingat kesalahan-kesalahan mereka kepada kalian sambil mendengarkan kata-kata mereka yg kemudian berujung amarah mereka ketika kalian sudah lupa akan nasehat yg mereka sampaikan beberapa hari yang lalu itu. Tanpa kalian jelaskan pun, mereka akan sadar bahwa kalian tidak mendengarkan mereka dengan sungguh-sungguh.

Kita selalu punya kendali atas pikiran kita. Namun, terkadang kita tidak menyadari hal tersebut. Sehingga pilihan yang kita buat terkadang menjadi kurang tepat.

So, it is better to learn how to control your mind. Learn how to make great decision. And choose your choice wisely.

_______________
(jakarta, 13 februari 2016, masih di kasur, sedang loading mencoba mengingat tentang memori suatu percakapan dengan seseorang)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s